Cara menangani Luka Bakar dengan Tepat

Luka Bakar yang terjadi pada seorang wanita atau pria tidak bisa dianggap remeh sekalipun, itulah sebabnya mengapa Anda harus tahu cara menangani luka bakar dengan tepat.
Cara menangani Luka Bakar dengan Tepat
Lucy Wilson, seorang wanita yang berasal dari Derby mendapatkan luka yang cukup serius pada satu hari sebelum ia berulang tahun yang pertama. source : belanjaalkes.com
Kecantikan Asia - mengatasi, menangani, ataupun mengobati luka bakar memang perlu dilakukan oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja itu terjadi. akan tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, sebelum melakukan penanganan yaitu mengetahui jenis-jenis luka bakar.

Dilansir dari situs Alodokter.com, luka bakar terbagi menjadi 2 bagian yaitu Luka bakar minor dan luka bakar mayor. dan jika ditinjau dari tingkat keparahan, luka bakar terbagai menjadi 3 bagian. diantaranya :
  • Luka bakar derajat pertama. Luka bakar ini terjadi pada bagian kulit bagian luar dan luka bakar derajat pertama ini dikatakan menjadi hal yang tidak cukup serius. Untuk gejala luka bakal derajat tingkat pertama ini akan seseorang akan merasa sakit, bengkak, dan kemerahan. Contoh dari luka derajat pertama adalah akibat sengatan dari sinar matahari secara langsung.
  • Luka bakar derajat kedua. berbeda pada tingkat derajat pertama, luka bakar derajat tingkat kedua ini bersifat lebih serius dan gejala yang ditimbulkan berupa ;  rasa sakit, bengkak, melepuh, dan terdapat noda putih atau merah pada bagian kulit.
  • Luka bakar derajat ketiga. antara luka bakar derajat tingkat 1 dan derajat tingkat 2, tentu luka bakar derajat tingkat tiga menjadi tingkat keparahan yang jauh lebih serius. diakarenaka gejala yang ditimbul berupa kerusakan pada seluruh bagian kulit dan juga lemak. dan parahnya, akibat dari luka bakar derajat tingkat tiga ini bisa sampai ke otot dan juga tulang. biasanya para penderita luka bakar tingkat ini, mengalami keracunan karbon monoksida, sesak nafas, atau kulit terbakar hangus.
Mengingat akan gejala dan akibat dari luka bakar yang sangat memprihatikan. sudah selayaknya Anda mengetahui cara penanganan yang perlu dilakukan disaat Anda mengalami luka bakar pada kulit.

Baca Juga : Pelembab Kulit kering yang Alami

Cara menangani Luka Bakar dengan Tepat

Pada kesempatan disiang hari ini, berikut kami hadirkan tata cara penanganan terhadap jenis luka bakar yang mungkin sedang atau pernah Anda alami.

Mengatasi Luka Bakar Minor

Luka bakar minor disebut sebagai luka bakar derajat tingkat pertama, dan untuk mengetahui cara menanganinya dengan tepat, perhatikan langkah-langkah dibawah ini :
  • Luka bakar perlu didinginkan untuk meredakan rasa perih. Aliri luka bakar dengan air dingin selama 10-15 menit atau letakkan handuk yang sudah dibasahi air dingin pada luka.
  • Untuk mencegah pembengkakan, lepaskan segera semua perhiasan, gelang, atau benda apa pun di sekitar area yang mengalami luka terbakar.
  • Hindari memecahkan luka yang melepuh karena berisiko menyebabkan infeksi. Cuci dengan air sabun jika ada luka melepuh yang pecah dengan sendirinya. 
  • Setelah itu oleskan salep antibiotik dan tutupi dengan perban kasa dan plester.
  • Jika rasa sakit terasa tidak tertahankan, penderita dapat mengonsumsi obat pereda rasa sakit, seperti acetaminofen atau ibuprofen.
  • Jika dirasa perlu, dokter dapat memberikan suntikan antitetanus.

Mengatasi Luka Bakar Mayor

Menangani Luka bakar mayor sebaiknya Anda harus bergegas ke IGD. Selain itu lakukanlah beberapa langkah dibawah ini :
  • Jika Anda melihat pakaian korban turut terbakar dan melekat di kulit, hindari untuk melepaskannya. Lepas pakaian hanya jika pakaiannya dapat dilepas dengan mudah.
  • Berikan pernapasan buatan jika diperlukan. Pastikan saja korban masih dapat bernapas dengan lancar.
  • Untuk mencegah bengkak, lepaskan perhiasan, ikat pinggang, ataupun aksesori yang melingkar di sekitar area yang terbakar.
  • Untuk mencegah terjadinya hipotermia, jangan mencelupkan luka bakar di permukaan kulit yang luas ke dalam air dingin. Tindakan ini juga dapat mengakibatkan turunnya tekanan darah dan aliran darah secara drastis.
  • Jika memungkinkan, naikkan anggota badan yang terkena luka bakar pada posisi lebih tinggi dari jantung korban.
  • Tutupi luka bakar dengan kain bersih atau plester yang dingin dan lembut.
  • Hindari mengoleskan obat atau salep pada area yang terbakar.
  • Menempatkan es ataupun mengoleskan mentega justru dapat membahayakan jaringan kulit yang terbakar. Hindari hal-hal semacam ini.
  • Sebisa mungkin baringkan pasien dengan kaki terangkat setidaknya 40 cm.
  • Selimuti tubuh pasien dengan selimut, atau bisa dengan menggunakan mantel. 
Untuk menambahkan persiapan agar tetap aman dan terkendali, sebaiknya Anda menyiapkan tabung alat pemadam kebakaran. dan Jika Anda mengalami keadaan yang benar benar dirasa gawat segera hubungi tetanga terdekat untuk meminta pertolongan.

Info : Artikel ini di lansir dari situs Alodokter.com. untuk mengetahui tips kesehatan lainnya Anda bisa mengungunjungi situsnya di : http://alodokter.com.